Gas 3 Kg Capai Rp35 Ribu di Kapuas Hulu

PONTIANAK - Sangat mengejutkan harga gas elpiji 3 kilogram (kg) mencapai Rp30 ribu di Kabupaten Kapuas Hulu, Pontianak, Kalimantan Barat.

Pedagang gas asal Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu, Hamzah (50) mengatakan, kenaikan ini sedikit berkurang dari beberapa bulan sebelumnya yang bisa mencapai Rp33 ribu bahkan hingga Rp35 ribu. “Kalau sekarang untuk harga gas 3 kg mencapai Rp35 ribu,” ungkap Hamzah kepada okezone via selular, Minggu (8/4/2012).

Menurutnya, harga normal yang biasa dia jual untuk sekitar Kecamatan Bunut Hulu dan beberapa daerah sekitar paling mahal hanya Rp20 ribu hingga Rp22 ribu. “Paling mahal itu juga kalau lagi cuaca tidak bagus seperti hujan dan menghambat datangnya gas bisa capai Rp22 ribu, itu juga udah paling mahal,” katanya.

Hamzah juga mengakui, ketiadaan distributor di Kapuas Hulu sedikit dipersulit oleh Pertamina Kapuas Hulu dalam kaitannya membuat izin menjadi distributor yang sama sekali belum ada di kabupaten tersebut.

“Kalau kami ingin menjadi distributor sangat-sangat dipersulit dan lama, jadi tidak ada distributor. Masyarakat juga jadi malas mengurus menjadi distributor pada akhirnya. Sehingga kami membeli gas dari truk ekspedisi dengan harga yang sudah tinggi,” papar Hamzah menyayangkan.

Meski harga yang melonjak tinggi tersebut dirasakan sangat sulit untuk dipasarkan di Kapuas Hulu, namun Hamzah bersyukur tidak mempengaruhi penjualan gas elpiji 3 Kg dan masih dicari oleh masyarakat Bunut Hulu.

“Alhamdulillah masyarakat masih membeli karena sekarang mau pakai apa? Minyak tanah sudah tidak ada. Masyarakat yang penting ada barangnya dan tidak susah dicari,” terang Hamzah lagi. (wdi)