840 Liter Mita Diselundupkan


Padang, Padek—Di tengah-tengah maraknya aksi demo penolakan terhadap rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, aparat kepolisian kembali mengungkap penyelundupan BBM jenis minyak tanah (mita) di Kota Sawahlunto, Rabu (28/3) lalu sekitar pukul 04.00.
Selain mengamankan barang bukti berupa 840 liter mita dan mobil Avanza warna silver bernomor polisi B 1534 PKF, jajaran Reskrim Polres Sawahlunto juga menangkap tiga tersangka, yakni Masril, 26, Dedi Mardiansyah, 34, dan Hari Saputra, 31. Ketiga tersangka mengaku berdomisili di Kuranji, Padang.

Saat ini ketiga tersangka sudah ditahan di sel tahanan Mapolres Sawahlunto untuk proses lebih lanjut. Kasat Reskrim Polres Sawahlunto, Iptu Abdul Rahman mengatakan, penyelundupan mita ini berhasil digagalkan berkat informasi masyarakat. Saat itu masyarakat melihat kendaraan membawa BBM dengan jeriken berukuran besar di jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Dari informasi tersebut, kata Abdul, petugas langsung melakukan penyelidikan. Akhirnya, petugas Reskrim Polres Sawahlunto berhasil menggagalkan penyelundupan bahan bakar fosil bersubsidi itu. ”Waktu itu, satu unit mobil Avanza warna silver yang dicurigai diberhentikan petugas Reskrim Polres Sawahlunto,” kata Abdul kepada Padang Ekspres, kemarin (29/3). Setelah mobil diberhentikan dan diperiksa petugas, imbuhnya, ternyata dalam mobil ditemukan 24 jeriken berukuran besar berisi 840 liter mita.

Dari pengakuan ketiga tersangka, kata Abdul, jeriken itu dibawa dari Padang setelah dibeli dari masyarakat Rp 5.000 /liter. Sedianya akan dijual ke Muarobungo, Jambi seharga Rp 7.000/liter. Kendati begitu, petugas tidak percaya begitu saja dengan pernyataan tersangka.

”Tersangka mengakui minyak tanah ini bukan dibeli dari pangkalan, tetapi dibeli dari tangan masyarakat. Jumlah masyarakatnya diperkirakan lebih dari 20 orang. Namun untuk membuktikannya, kita akan tindak lanjuti pengakuan tersangka,” ujarnya. Penyelundupan mita ini, lanjut Abdul Rahman, merupakan aksi ketiga kalinya. (di)
[ Red/Redaksi_ILS ]