Subhanallah... Rumah Terbakar, Penderita Stroke Selamat

REPUBLIKA.CO.ID, Yogyakarta -- Sebuah rumah di Nagan Kidul, Patehan Nomor 49 Keraton, Yogyakarta ludes terbakar dilalap si jago merah, Kamis (29/3). Namun, mukzijat terjadi dalam kebaran tersebut, dimana pemilik rumah yang sedang menderita penyakit stroke selamat dari kobaran api.

Subiyanto nama pemilik rumah tersebut. Saat kebakaran terjadi, pria 57 tahun itu terjebak di dalam rumah. Penyakit stroke yang dideritanya membuat Subiyanto kesulitan keluar dari kobaran api. Namun, meski kesulitan akhirnya ia bisa lolos dari maut.

Salah satu warga, Suwardono, yang menyaksikan adegan usaha penyelamatan diri Subiyanto menuturkan, dirinya kagum melihat pemilik rumah yang sakit melompat keluar dari kepungan api. Terlebih, saat kebakaran, tabung gas dan botol bensin meledak dari dalam rumah.

"Saya lihat Pak Sub (Subiyanto) susah payah melompat keluar dari kobaran api, itu sangat luar biasa mengingat kondisinya yang sakit," ceritanya kepada wartawan, Kamis (29/3).

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Tetangga mengetahui rumah Suwardono terbakar saat istri korban, berteriak meminta tolong. Suwardono yang kebetulan ada di rumah mendengar teriakan istri Subiyanto lantas bergegas ke lokasi. Suwardono sebenarnya berniat menerobos rumah untuk menyelamatkan Subiyanto, namun setelah ledakan tabung gas, justru Subiyanto yang berhasil melompat keluar dari kobaran api.

Saat itu juga korban lantas dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka ringan. Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk dapat menjinakkan amukan si jago merah. Mobil bergerak cepat karena lokasi kebakaran termasuk wilayah yang perumahan padat. Beberapa saat kemudian, api dapat dipadamkan, namun rumah Subiyanto telah ludes terbakar.
Redaktur: Karta Raharja Ucu
Reporter: Agus Raharjo