Lima Orang Terbakar Gara-gara Tabung Elpiji Meledak

Jember - Sebuah tabung elpiji meledak dari rumah warga di Gang Cantikan, Jalan Trunojoyo, Kecamatan Kaliwates, Jember, Selasa (23/10/2012) pagi. Lima orang mengalami luka bakar serius.

Elpiji yang meledak itu, milik Amnah (70), warga setempat. Pagi itu, dia bersama putrinya Siti Romlah (40), dan tiga saudaranya sedang menggoreng roti yang sedianya akan dijual.

"Saya tiap hari memang berjualan kue," kenang Amnah ketika ditemui detiksurabaya.com, di ruang Mawar RSD dr Subandi Jember.

Saat asyik menggoreng roti itu, tiba – tiba tabung elpiji berukuran tiga kiloan yang mereka pakai, isinya habis. Saudara Amnah, Misjani dan Hendi lalu bermaksud mengganti gas elpji tersebut.

"Mendadak meledak, keras sekali. Saya merasa wajah saya panas sekali. Setelah itu saya sudah tidak ingat apa – apa lagi," kata Amnah.

Amnah mengaku tidak tahu apakah tabung elpiji itu bocor atau tidak. Sebab sebelumnya dia tidak mencium bau apapun yang mencurigakan. "Biasanya kalau bocor kan mengeluarkan bau," lanjut Amnah.

Selain Amnah, Siti Romlah, Misjani dan Hendi, satu korban lagi yakni Mustini. Mereka yang masih kerabat itu saat kejadian ada di sekitar elpiji yang meledak. Semua korban saat ini sedang dirawat di ruang Mawar RSD dr Subandi Jember.

"Rata – rata mereka mengalami luka bakar serius di wajah. Kita masih tangani dulu, kalau memang perlu dirujuk ke Malang atau Surabaya," kata seorang petugas medis yang minta namanya tidak ditulis.

(gik/gik)