Ledakan Elpiji Hancurkan Rumah di Purwokerto

Kamis, 30 September 2010
PURWOKERTO--MI: Dua orang luka bakar setelah terkena ledakan tabung gas elpiji 12 kilogram (kg) di sebuah rumah di Perumahan Puri Hijau Blok P-I C, Purwokerto Selatan, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (30/9). Ledakan juga membuat rumah porak-poranda. 

Dua korban adalah Juanedi Setiawan, 65, dan anaknya Yongki, 35. Peristiwa yang terjadi sekitar jam 08.15 WIB tersebut sempat menggegerkan penghuni perumahan karena suara ledakan cukup keras. Begitu mengetahui ada ledakan, warga langsung menuju lokasi kejadian dan membawa kedua korban ke RSUD Margono Soekarjo karena mereka mengalami luka bakar. 

Kepala Polsek Purwokerto Selatan Ajun Komisaris Isfa Indarto mengatakan ledakan tersebut diduga dari tabung elpiji. Apalagi, katanya, pada saat masuk ke lokasi, masih ada suara mendesis dari tabung gas. 

"Dugaan kuat memang dari tabung gas 12 kg. Namun, kepastiannya nanti akan dilakukan oleh tim identifikasi Polres Banyumas," ujar Isfa. 

Dari keterangan korban dan para saksi, ledakan terjadi sesaat setelah korban menyalakan rokok. Jadi, kata Kapolsek, kemungkinan besar memang telah terjadi kebocoran tabung gas, sehingga begitu korban mengalakan rokok, langsung terjadi ledakan. (LD/OL-04)